Rabu, 01 Desember 2010

Adu Speed Internet, Three vs Axis | Compare dengan IM3 dan Smart juga

Adu Speed Internet, Three vs Axis | Compare dengan IM3 dan Smart juga



Saat ini dua operator indonesia sedang menawarkan paket internet murah untuk kita, yakni three dan axis. Kali ini saya coba uji kecepatan keduanya sebagai panduan untuk kalian memilih, sekedar referensi saja.
Oke…., sebelum membaca, kalian harus membaca aturan maennya
  • Saya mengujinya di dua kota dalam dua hari, jadi referensi ini tidak bisa dijadikan hasil mutlak diseluruh kota di indonesia, kecepatan internet mobile sangat tergantung lokasi.
  • Saya mengujinya tanggal 25 juni dan 27 juni, jadi hasil disini mungkin berbeda di hari-hari mendatang.
  • Walaupun hasil tes ini saya buat dengan sejujurnya, saya tidak bersedia bertanggung jawab atas perbedaan yang terjadi, so jangan jadikan hasil tes saya referensi tunggal.
  • Saya menset internet pada network 2G (EDGE) agar adil, sebagai catatan di Mataram Axis sudah 3G sementara Tri dan indosat masih 2G
PAKET INTERNET

Paket internet yang ditawarkan kedua operator ini adalah

Paket internet detailnya bisa kamu lihat disini:
TES PERTAMA

Tes pertama ini saya uji di Kota Mataram (Lombok), tepatnya di kelurahan pagesangan, google mapnya bisa kamu lihat di gabar dibawah. Tes dilakukan pada tanggal 25 Juni 2010.

Hasil yang saya ujikan ke Tri menghasilkan kecepatan sebagai berikut

Sementara hasil yang saya ujikan pada Axis menghasilkan kecepatan sebagai berikut

Terlihat bahwa kecepatan Download dan Upload Tri hingga dua kali lipat dari Axis, tapi fakta dilapangan menunjukkan bahwa internetan pake tri tidak benar-benar 2 kali lipat dari axis. Dengan alat uji perasaan saya, kecepatan internet Three terasa lebih cepat dari Axis, tapi tidak sampai 2 kali lipat koq, beda tipis saja.
Membuka blog saya tidak begitu cepat, menggunakan tri blog terbuka dalam waktu 12 detik dan menggunakan axis cuma 3 detik lebih lambat. Sebagai gambaran, menggunakan smart blog saya terbuka dengan waktu lebih dari 30 detik, dan menggunakan IM3 blog saya gagal terbuka.

TES KEDUA

Tes kedua saya lakukan di kampung halaman saya, praya, pada tanggal 27 Juni 2010. Lokasi tepatnya bisa dilihat pada google map dibawah.

Hasil uji pada Tri mendapatkan kecepatan sebagai berikut

Hasil uji pada Axis mendapatkan hasil sebagai berikut

Terlihat hasilnya tidak beda jauh dari hasil tes saya di kota mataram, kecepatan internet tri sekitar 2 kali lipat kecepatan axis, cuma disini kecepatan upload Tri lebih lambat, cuma setengah dari mataram, bahkan kecepatan axis lebih baik disini. Saya penasaran dengan kecepatan donlotnya, jadi saya coba uji mendownload.
Menggunakan Tri ternyata kecepatan donlotnya mencapai 11,6 kbps

Menggunakan axis ternyata kecepatan donlonya mencapai 8,8 kbps. So saya katakan kecepatan donlotnya tidak jauh beda.

GALERY

Berikut hasil uji saya pada operator saingan, yakni Indosat dan Smart.
  1. INDOSAT
    Hasil Tes Indosat sangat mengecewakan di kota saya, jangankan untuk yang lain, membuka blog saya saja sering gagal, bahkan untuk akses internet di hape juga sering membuat saya gregetan. Hasil mungkin berbeda di tempat lain.


  1. SMART
    Hasil uji operator CDMA smart juga cukup mengecewakan, halaman web kadang gagal dimuat atau loading yang cukup lama, walau tidak separah indosat tapi hasil uji yang saya lakukan tidak jauh beda dengan indosat.

AKHIR KATA

Walaupun sebenarnya kecepatannya internetnya yang real tidak jauh beda, saya berani menyimpulkan kecepatan internet tri sedikit lebih cepat dari axis walaupun cuma beda tipis. Saya juga melalui tulisan ini merekomendasikan penggunaan internet menggunakan kedua paket diatas hanya untuk keperluan browsing, ngeblog, chating, facebook, download ringan dan internet mobile. Sebagai referensi saya tampilkan hasil tes serupa dari operator lain yang saya uji sendiri.
Hasil berbeda sangat mungkin terjadi di daerah lain, saya tidak menjamin hasil ini bisa sepenuhnya patokan speed di kota kamu, sangat tergantung lokasi dan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog


ShoutMix chat widget

Dimanakah saya BErada

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Pengikut

TEXT. Diberdayakan oleh Blogger.

Ruangan Diskusi